bdage Indonesia

Banner iskaruji dot com

FKIP Unej Terima 9 Guru Dari Thailand

Jember, 24 April 2013

Sembilan orang guru dari Thailand mengikuti The Academic Exhange Program antara Universitas Jember dengan Bangkok Secondary Schools melalui program International Standard Teacher Education (ISTE) dan English for Integrated Study (EIS). Mereka akan melakukan berbagai kegiatan di Universitas Jember selama empat pekan mulai tanggal 18 April sampai dengan 16 Mei 2013.
Kesembilan guru itu berasal dari lima sekolah di Bangkok, yaitu tiga orang dari Matthayomwatnairong Highschool, dua orang dari Suksanareewittaya High School, dua orang dari Bodindecha (Sing Singhaseni) 2 Highschool, dan masing-masing satu orang dari Nawamintriamudomsuksa Pattanakarn High School dan Santirajwittayalai High School. Mereka terdiri dari tiga orang guru matematika, lima orang guru biologi dan seorang yang menjadi guru fisika.
Dalam acara welcome party (23/4)  yang diselenggarakan di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Rektor Universitas Jember Drs. Moh. Hasan M.Sc. Ph.D  mengatakan kegiatan ini bagi Universitas Jember bisa dijadikan momentum untuk persiapan menghadapi ASEAN Comunity yang sebentar lagi akan dilaksanakan. Rektor berharap kedepan FKIP bisa mengembangkan program kerjasama luar negeri tidak hanya dengan sekolah di Thailand tetapi dengan jenjang universitas ataupun dengan negara lain.  
Senada dengan Rektor, Dekan FKIP, Prof. Dr. Sunardi M.Pd,  mengatakan saat ini sudah ada beberapa mahasiswa FKIP yang melakukan Kuliah Kerja Praktek Pengalaman Lapangan di Thailand. Sebentar lagi FKIP juga akan mengirimkan 9 orang mahasiswa lagi ke sekolah-sekolah di Bangkok yang sekarang mengirimkan gurunya ke FKIP saat ini. Melalui program semacam ini Prof. Dr. Sunardi M.Pd berharap lulusan FKIP Unej siap mengajar di semua tempat termasuk di luar negeri.
Sementara itu Drs. Dafik, M.Sc, Ph.D ketua  ISTE Program yang saat ini juga menjabat sebagai Kaprodi Matematika FKIP Unej menjelaskan The Academic Exhange Program dilaksanakan 2 kali dalam setahun. Tahap pertama akan dilakukan sampai dengan tahun 2015.
Drs. Dafik, M.Sc, Ph.D juga menjelaskan para guru dari Thailand ini bertujuan untuk sharing tentang proses pendidikan yang menggunakan bahasa Inggris yang terintegrasi dalam pembelajaran. Selain itu mereka juga ingin mengetahui pengembangan silabus dan teaching plant. Program ini tidak hanya dilaksanakan di Universitas Jember tetapi mereka juga akan mengunjungi sekolah-sekolah eks RSBI di Kabupaten Jember sekitarnya.  Drs. Dafik, M.Sc, Ph.D menambahkan saat ini baru program studi yang memiliki kelas International yaitu Prodi Pendidikan Matematika, Pendidikan Biologi dan Pendidikan Fisika saja  yang melaksanakan kegiatan ini, ke depan akan dikembangkan ke prodi lain seperti PGSD, Pendidikan Bahasa Indonesia, Pendidikan Bahasa Inggris dan Pendidikan Ekonomi. (did)
sumber :  http://www.unej.ac.id

0 komentar:

kolam ikan

music